Rabu, 15 Juli 2020

Pelajaran 9 Indahnya Salat Tarāw³h dan Tadārus al-Qur’ān

Pertemuan 10 (Senin, 04 April 2021)

Indahnya Shalat Tarawih


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Teman-teman.
Apa kabar hari ini?
--
Bulan Ramadan sering juga disebut bulan ibadah, karena pada bulan itu segala aktivitas ibadah dilipatgandakan pahalanya. Selain berpuasa, Rasulullah saw. mengajak umatnya untuk memperbanyak ibadah seperti salat tarāwih, tadārus al-Qur’ān, bersedekah, dan perbuatan baik lainnya.

Salat tarawih adalah salat sunah yang dilaksanakan pada malam hari pada bulan Ramadan. Salat tarawih dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt. Tadarus dapat memperlancar membaca al-Qur’an dan dapat menumbuhkan kecintaan kepada al-Qur’an. Tadarus untuk memperoleh rahmat dan berkah dari Allah Swt.
--
Salat Tarawih
Salat tarawih ialah salat malam yang dikerjakan pada malam hari di bulan Ramadan. Salat ini sangat dianjurkan, boleh dikerjakan sendiri-sendiri atau berjamaah. Dilakukan sesudah salat Isya sampai waktu fajar. Bilangan rakaat salat boleh dilakukan delapan rakaat dan boleh 20 rakaat.

Salat tarāwih dalam bahasa Arab adalah bentuk jamak dari “tarwihatun“ yang berarti waktu sesaat untuk istirahat. Dinamakan demikian karena para sahabat melaksanakannya dengan beristirahat setelah selesai setiap empat rakaat. Pada saat istirahat adakalanya diselingi dengan membaca al-Qur’an.
--
Nah, setelah membaca materi di atas, silahkan cari tahu bagaimana tata cara pelaksanaan shalat tarawih yang selama ini teman-teman kerjakan di rumah atau Mesjid. Kirim jawaban melalui WhatsApp guru PAI. Selamat mengerjakan. Semangat ya!

SUHENDRA

Author & Editor

A Teacher || Businessman || Father || Warrior of Civilization

0 komentar:

Posting Komentar